Cari Blog Ini

Sabtu, 22 Mei 2010

LAMPIRAN AWAL SKRIPSI

PENERAPAN METODE CERAMAH DALAM
PEMBELAJARAN AL-ISLAM
DI SMA MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG

















SKRIPSI SARJANA S.1


Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh
gelar Sajana Pendidikan Islam (S.Pd.I)



Oleh :

Herlina
NIM 05 21 901
Jurusan : Pendidikan Agama Islam





FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH
PALEMBANG
2010
Hal Pengantar Skripsi

Kepada Yth.
Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah
IAIN Raden Fatah Palembang
di-
Palembang
Assalamu’alaikum waraohmatullah wabarakatuh
Setelah kami periksa dan diadakan perbaikan-perbaikan seperlunya, maka sekripsi berjudul “PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG”. Yang ditulis oleh saudari Herlina, NIM 05 21 901, telah dapat diajukan dalam siding munaqasyah fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang.
Demikian, terima kasih.

Wassalam
Palembang, Maret 2010
Pembimbing I Pembimbing II


Drs. H.M. Hasbi Ashiddiqi, M.Pd.I Drs. Karoma, M.Pd.
NIP. 150 222 226 NIP 150 260 515



Skripsi berjudul


PENERAPAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG

yang ditulis oleh saudari HERLINA, 05 21 901
telah dimunaqasyahkan dan dipertahankan
didepan Panitia Penguji Skripsi
pada tanggal 19 Mei 2010


skripsi ini telah diterima sebagai salah satu syarat
memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)

Palembang, 19 Mei 2010-05-22
Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah
Fakultas Tarbiyah


Panitia Penguji Skripsi

Ketua Sekretaris



Saipul Annur Zuhdiyah
NIP. NIP.

Penguji Utama : DR. Ismail, M.Ag. ( )
NIP.

Anggota Penguji : Fajri ( )
NIP.

Mengesahkan
Dekan Fakultas Tarbiyah



Drs. Akmal Hawi, M.Ag
NIP.
Motto dan Persembahan




Motto:
“Long Life Education_”


أُطْلُبُ العِلْمَ مِنَ المَحْدِ إِلَى اللَّهْدِ

Persembahan:

 Kepada kedua orang tuaku yang tercinta
 Adik-adiku tersayang
 Agamaku
 & Almamaterku

















T.O.G.A.K.U
Hari ini adalah hari yang bahagia dalam kehidupanku. ..kebahagiaan akan terasa lengkap apabila kita dikelilingi oleh orang-orang yang kita cintai. Berbicara tentang cinta, ..ada beberapa orang yang tentunya tidak diragukan lagi ketulusan cintanya dan tidak akan pernah melepaskan cinta mereka untuk kita, yaitu KELUARGA .. .terutama Orang tua. .. Suatu keberhasilan yang kita capai hari ini tidak terlepas dari cinta dan kasih sayang yang tulus, dukungan serta bimbingan dari orang tua. Bahagiaku surga mereka. .... Dan deritaku pilu mereka. ...Tepat di hari kebahagiaanku, aku diam sambil menatap dua orang yang tidak asing lagi bagiku. Dua orang yang sangat aku hargai, Dua orang yang sangat aku hormati, aku cintai dan aku sayangi. Ia adalah umak dan abahku dengan disertai senyuman aku menghampiri mereka. Seiringan langkah terlintas dibenakku atas apa yang mereka lakukan atas hidupku selama ini. Umak. .. yang telah mengandung aku selama 9 bulan. Dan umak yang sudah memperjuangkan hidup dan matinya hingga aku dapat hadir di dunia ini.Umak yang telah merawat dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, Abah, yang telah mendidikku, abah yang telah bekerja banting tulang, ikhlas menegluarkan keringatnya hingga aku dapat menikmati hidup ini. Detik demi detik. .. hari demi hari, bahkan tahun demi tahun. Apakah yang dapat aku lakukan untuk membalas mereka. Sering aku tutup telinga tidak mau mendengar ocehan mereka.Sering banget aku bohong kepada mereka untuk kepuasanku, Sering aku ngelawan, ketika marah akan kenakalanku, Sering juga aku banting pintu di hadapan mereka, jika mereka tidak mengabulkan permintaanku. Dan sering banget aku mengeluarkan kata-kata kasar yang enggak pantas mereka dengar dari bibirku, Dasar cerewet, kuno, kolot. Tapi apakah mereka memendam perasaan dendam terhadapku. ..? Tidak. ... tidak sama sekali. Mereka dapat tulus memahaminya dan memaafkan kekhilafanku, Mereka tetap menyayangiku dalam setiap hembusan nafas mereka, bahkan mereka tetap menyebut namaku dalam setiap do’a-do’a mereka hingga aku menjadi sekarang ini.Ya Allah. ..! betapa durhakanya aku bila mengingat kesalahanku. Tak sadarkah aku bahwa mereka adalah orang yang sangat berarti dalam hidupku, Langkah-langkahku terhenti dihadapan mereka dan aku pandangi mereka inci demi inci, Badan yang dulu tegap, kekar kini mulai membungkuk, Rambut yang dulu hitam kini mulai memutih. Dan kulit mereka yang kencang kini mulai berkeriput. Ku tatap mereka yang berbinar-binar dan mulai meneteskan air mata bahagia. Air mata haru, air mata bangga melihat anaknya sudah semakin dewasa. Kucium tangan mereka, kupeluk mereka sambil berkata. Terima kasih umak, terima kasih abah. ..Yang telah aku berikan selama ini tidak akan pernah dan tidak akan bisa menggantikan untuk membalas semua yang talah umak dan abah berikan. Aku sayang umak dan abah serta keluarga besarku. Sampai akhir hayatku. ..
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul: “Pelaksanaan Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang”
Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, keluarga, sahabat dan para pengikutnya serta yang senantiasa istiqomah hingga akhir zaman. Skripsi ini disusun sebagai salah satu ayarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) pada Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang
Dalam menyelesaikan skripsi ini, penulis banyak menemukan kesulitan dan hambatan. Berkat petunjuk Allah swt dan bantuan dari berbagai pihak segala kesulitan tersebut dapat diatasi, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan. Dengan tulus dan ikhlas penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:
1. Abah dan Umak ku yang tercinta, untuk semua cinta, kasih sayangdan do’anya, semoga Allah memberikan balasan yang lebih baik serta keselamata dan kebahagiaan dunia dan akherat. Amin.
2. Bapak Drs. H.M. Hasbi Ashiddiqi, M.Pd.I dan bapak Drs. Karoma, M.Pd. selaku pembimbing I dan pembimbing II yang dengan kesabaran dan keikhlasannya membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
3. Ibu Nurmawati selaku kepala sekolah SMA Muhammadiyah 7 Palembang beserta para stafnya yang telah memberikan izin dan menerima kami begitu ramah selama penelitian.
4. Adik-adikku tercinta Herki Suryadinata dan Adil Saputra terima kasih untuk dukungan kalian selama ini.
Kepada semuanya penulis hanya mendo’akan semoga Allah swt selalu menunjukkan jalan terbaik-Nya menuju keselamatan dunia dan akherat, dan semoga semua motivasi, nasehat dan bantuannya akan menjadi amal ibadah di sisi Allah swt, amin,
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa kemampuan penulis masih angat terbatas dalam penulisan skripsi ini. Untuk itu kririk dan saran sangat diperlukan demi kesempurnaan yang akan dating.
Akhirnya, penulis mohon maaf atas segala kekhilafan dan kepada Allah saya mohon ampun. Semoga skripsi ini bias bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang.

Palembang, Maret 2010



Penulis

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGANTAR SKRIPSI
HALAMAN PENGESAHAN
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTARAK
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Batasan Masalah
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Kegunaan Penelitian
F. Definisi Operasional
G. Kajian Pustaka
H. Metodologi Penelitian
I. Sistematika Pembahasan
BAB II METODOLOGI PEMBELAJARAN AL-ISLAM
A. Pengertian Metode
B. Dasar Pertimbangan Pemilihan Metode Mengajar
C. Metode Ceramah
D. Praktik Penggunaan Metode Ceramah
BAB III GAMBARAN UMUM SMA MUHAMMADIYAH 7 PALEMBANG
A. Sejarah dan Perkembangan SMA Muhammadiyah 7 Palembang
B. Visi dan Misi SMA Muhammadiyah 7 Palembang
C. Identitas SMA Muhammadiyah 7 Palembang
D. Keadaan Siswa, Guru dan Pegawai
E. Sarana dan Prasarana
BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Pelaksanaan Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang
B. Faktor Penghambat dan Penunjang dalam Pelaksanaan Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiya 7 Palembang
C. Temuan Penelitian
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

ABSTRAK

Proses pembelajaran Al-Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “Pengetahuan tentang Agama Islam.” hanya sedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai-nilai Islam pada diri siswa.
Seperti halnya metode pembelajaran agama Islam yang selama ini lebih ditekankan pada hafalan (padahal Islam penuh dengan nilai-nilai yang harus dipraktekkan dalam perilaku keseharian), akibatnya siswa kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi Al-Islam.
Beranjak dari hal di atas dan bertitik tolak dari gejala-gejala yang timbul, maka penulis menemukan beberapa hal sewaktu mengadakan observasi dan wawancara pendahuluan pada tanggal 8 Februari 2009, di mana penulis masih menjumpai beberapa siswa yang tidak melakukan ibadah shalat, terutama shalat fardhu 5 waktu meskipun mereka mengetahui tata cara shalat, paham dan mengerti akan guna dan pentingnya shalat
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah pelaksanaan metode pembelajaran mata pelajaran Al-islam DI SMA Muhammadiyah 7 Palembang serta faktor-faktor yang menghambat dan menunjang pelaksanaannya dalam proses belajar mengajar
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran mata pelajaran Al-Islam khususnya metode ceramah di SMA Muhammadiyah 7 Palembang serta factor-faktor yang dapat menghambat dan mendukung pelaksanaan metode pembelajaran mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang
Populasi dalam penelitian ini adalah populasi total. Oleh karena respondennya hanya berjumlah 4 orang guru agama.
Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif meliputi pelaksanaan metode pembelajaran mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang. Sedangkan kuantitatif adalah data yang meliputi jumlah, guru, jumlah siswa dan sarana prasarana.
Hasil dari penelitian bahwa Pelaksanaan Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang sudah baik. Hal ini sesuai hasil observasi penulis dan dilihat dari aspek-aspek yang di amati yang meliputi keterampilan dasar berceramah, pengelolaan perhatian anak, pengefektifan metode ceramah, dan struktur penyajian atau prosedur ceramah. Faktor Penghambat dan Penunjang dalam Pelaksanaan Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang adalah :
1. Faktor penunjang pelaksanaan metode ceramah dalam pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang sarana dan prasarana berupa fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium, komputer dan alat peraga, serta buku LKS yang dimiliki setiap siswa.
2. Faktor yang menghambat pelaksanaan metode pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Palembang yaitu alokasi waktu mata pelajaran Al-Islam hanya 2 jam yang dianggap kurang memadai, situasi dan kondisi kelas yang panas, padat karena jumlah siswa dalam satu kelas yang berkisar 39 sampai 50 per kelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar